Rabu, 06 Januari 2016

Belajar Bahasa Inggris Ala Bahas Ini Itu

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRZpUrpJ_pwwrRe8aWDkdBj9eyXf870UEw6EDhPyMTMtokZSEzd 

Saat kita masih di bangku sekolah, pernah gak sih kalo kamu bertanya "Buat apa sih belajar Bahasa Inggris?" atau  "Buat apa belajar Bahasa Inggris? Dipake juga kagak.". Nah! Jika kamu yang pernah bertanya seperti itu, Bahas Ini Itu akan memberikan jawabannya tapi versi Bahas Ini Itu juga ya, hehe.

 Pertama.. Di bumi ini ada banyak sekali bahasa, jika misalnya kita pergi liburan ke luar negeri, atau mungkin berbisnis di negeri lain, atau mungkin cuma ingin numpang mandi di luar negeri? Pasti kita harus berbicara dengan bahasa negeri mereka juga. Tapi, seperti yang sudah dituliskan pertama tadi, di bumi ini ada banyak sekali bahasa. Gak mungkin kan harus mempelajari semua bahasa di bumi ini? Maka dari itu, Bahasa Inggris dijadikan sebagai patokan bahasa di dunia.

Kedua.. Alat-alat seperti komputer atau smartphone kita programnya menggunakan Bahasa Inggris, walaupun sekarang sudah ada pengaturan untuk mengganti bahasa menjadi Bahasa Indonesia.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaatnya jika kamu bisa berbahasa inggris, tapi topik artikel ini kan "Belajar Bahasa Inggris Ala Bahas Ini Itu". Ok! Untuk belajar bahasa inggris ada pembagiannya, yaitu Writing (Menulis), Speaking (Berbicara), Listening (Mendengarkan), Grammar (Tatabahasa). Kalau tidak salah seperti itu.

Untuk belajar Bahasa Inggris hingga lumayan dan mungkin bisa menjadi pandai jika terus giat berlatih adalah sebagai berikut:

 1.) Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris (Listening)
http://2.bp.blogspot.com/-bI53sitbDgc/TWkOnrAszaI/AAAAAAAAAnw/IwLk9LQUQPY/s400/babiesmusic.jpg
Jika kamu yang belum pernah belajar Bahasa Inggris, lebih baik dimulai dari mendengarkan dahulu kata per kata. Belajar sambil mendengarkan lagu kan tidak terlalu bosan, iya kan? Tapi siapkan juga lirik dari lagu tersebut agar kamu tau tulisan dari kata tersebut. Jangan sampai lagunya berlirik "I Need You" kamu pikir tulisannya "Ay Nit Yu" atau "Ai Nid Yu". Jadi melihat lirik juga penting untuk mengetahui penulisan dari kata bahasa Inggris dan lagu diperlukan untuk mengetahui cara pengucapannya. Oh, iya! Selain itu kamu juga harus mengetahui arti kata dari setiap lirik tersebut kalau perlu 1 kata kamu translate di google translate.

2.) Bernyanyi dan Membaca Buku Cerita Berbahasa Inggris (Speaking)
 
Jika kalian sudah mendengar, coba dipraktekan pengucapan kalian lewat membaca buku cerita atau bernyanyi. Lewat membaca atau bernyanyi secara tidak langsung kita seperti latihan berbicara bahasa inggris Jika kamu yang suka bermain game juga bisa belajar dari bermain game. Di game kan ada alur ceritanya juga, jadi kamu juga bisa membaca cerita sambil bermain game.

3.) Menonton Acara atau Film Televisi sub-title Inggris (Vocabulary + Grammar + Listening)
 http://static.republika.co.id/uploads/images/kanal_sub/menonton_televisi_ilustrasi_110111074136.jpg 
Di tahap ini, kita akan lebih banyak mengetahui kata-kata dan tatabahasa Bahasa Inggris. Biasanya kalau di saluran televisi nasional Indonesia menayangkan Film berbahasa inggris, mereka sudah menyiapkan juga tulisan terjemahan atau sub-title berbahasa indonesia. Maka dari itu kemampuan inggris kamu tidak meningkat. Coba latihkan diri kamu untuk menonton film televisi yang mempunyai tulisan terjemahan atau sub-title berbahasa inggris. Jika ada kata-kata yang tidak kamu ketahui, selalu buka kamus atau translate ke google translate.

4.) Menulis (Writing)
http://inggristalk.com/wp-content/uploads/2013/12/Belajar-menulis-bahasa-inggris.jpg 
 Untuk tahap menulis, terserah kamu untuk menulis tentang apa. Kamu bisa menulis tentang resep membuat makanan, cerita atau diary, biografi, lirik lagu, dan lain-lain. Tapi yang pasti harus menulisnya Bahasa Inggris ya. Jika saat menulis kamu kebingungan karena tidak tau beberapa kata, saya ingatkan lagi untuk buka kamus atau terjemahkan ke google translate.

Setelah mempelajari itu semua selama berminggu-minggu atau 1 bulan. Kadang kala ada baiknya jika kamu menguji kemampuan inggris kamu. Caranya bagaimana sih? Kamu lakukan saja seperti pada tahap 1-4, tapi bedanya kamu harus tidak boleh melihat kamus atau menggunakan bantuan terjemahan lainnya. Contohnya, jika kamu menggunakan tahap 1 sebagai ujian kamu. Dengarkan lagunya dan coba artikan apa yang penyanyi itu nyanyikan atau bisa juga kamu menulis apa yang penyanyi itu nyanyikan. Tergantung kamu mau menguji inggris di bagian mana. Bisa Writing (Menulis), Speaking (Bicara), Reading (Membaca), Grammar (Tatabahasa), dll.

Sekian artikel dari  Bahas Ini Itu, jika ada salah kata-kata dari artikel ini mohon dimaafkan karena penulis juga manusia biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar